1) Automatisasi Kantor mencakup sistem elektronik formal dan
informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi, ke dan dari
orang-orang di dalam maupun diluar perusahaan. Awalnya OA dimaksudkan untuk
membantu pekerja sekretarial dan administratif (clearical), tetapi kemampuannya
untuk memudahkan komunikasi formal dan informal denga orang-orang di dalama
maupun diluar perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai.
Dengan tujuan utama
meningkatkan produktifitas mereka.semua system informasi formal dan informal
terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang
berbeda di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi
perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi
melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan. Beberapa system otomatisasi
perkantoran secara formal dan didokumentasikan dengan suatu prosedur tertulis.
System formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan
organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen.
Namun sebagian besar
system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan secara
tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan
untuk memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran dimaksudkan
untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun secra tertulis.
Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan
istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya.
Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut
Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat
mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara
otomatis.Adapun tujuannya adalah selama tahun-tahun pertama, OA dianggapa
sebagai cara untuk meningkatkan produktifitas sekretaris dan pegawai
administratif karena dapat memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat
dan lebih baik.
2. Adapun aplikasi dari
otomatisasi :
·
Konferensi audio, adalah
penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio
diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan
konferensi. telepon konferensi (conference call) merupakan bentuk pertama
konferensi audio dan masih digunakan. Konferensi audio tidak memerlukan
komputer hanya melibatkan komunikasi audio dua arah. Keuntungan konferensi
audio :
- biaya peralatan
yang diperlukan untuk konferensi audio berada dalam jangkauan semua perusahaan.
- orang-orang merasa
santai berbicara di telepon.
- konferensi audio
dapat disiapkan dalam waktu singkat .
·
Konferensi Video, adalah
penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang
tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan
video. Seperti konferensi audio, konferensi video tidak memerlukan komputer.
·
Surat
Elektronik, dikenal sebagai e-mail, adalah penggunaan jarngan komputer yang
memungkinkan para pemakai mengirim , menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan
menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
·
Voice Mail hampir sama
dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya kedalam
telepon. Telepon juga digunakan untuk mengambil pesan-pesan yang telah dikirim.
Voice mail memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam
bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat
dipanggil.
·
Pencitraan (imaging)
merupakan penggunaan pengenal karakter secara optik (optical character
recognition) untuk mengubah catatan-catatan kertas atau mikro film menjadi
format digital untuk disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder. Kemudian
citra tersebut dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak.
3. Siapa saja yang menggunakan otomatisasi kantor ?
Jawab :
·
Manajer adalah orang yang
bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya
manusia.
·
Profesional yakni tidak
mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (mis. Pembeli, wiraniaga,
dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secra bersama dikenal
sebagai pekerja terdidik.
·
Sekretaris bisanya
ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas
menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
·
Clerical Employee (pegawai
administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk sekretaris, seperti
mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan mengirimkan surat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar