Translate

Sabtu, 18 Desember 2010

Manajemen Produksi

Salah satu ciri era globalisasi adalah “semakin menipisnya batas-batas antar negara” karena kemajuan teknologi terutama di bidang komunikasi dan informasi. Globalisasi tidak bisa dihindari oleh siapa pun. Mau tidak mau, globalisasi akan merambah semua negara dan segala aspek yang ada di dalamnya. Dalam era globalisasi, negara yang memiliki kekuatan ekonomi dan sumber daya manusia yang kuat akan memenangkan persaingan global. Sebaliknya, negara yang lemah secara ekonomi maupun sumber daya manusia, akan tersisih. Terkait dengan ditanda tanganinya harmonisasi pasar ASEAN tahun 2008 oleh ke-11 pemimpin negara ASEAN, di mana kesehatan/produk farmasi, merupakan salah satu komoditi yang ikut serta dalam harmonisasi pasar ASEAN tersebut. Dengan adanya harmonisasi ini, semua produk dari negara anggota ASEAN bebas masuk dan dipasarkan ke anggota yang lain, termasuk produk farmasi tanpa adanya hambatan tarif bea masuk.

Dilihat dari segi kepentingan konsumen, era perdagangan bebas ini sangat menguntungkan karena konsumen akan memiliki berbagai alternatif dalam memenuhi kebutuhannya. Konsumen tentu akan memilih barang atau jasa yang berkualitas dengan harga yang relatif murah serta pelayanan yang lebih cepat/baik. Sedangkan dari sisi produsen, khususnya industri dalam negeri, era globalisasi menjadi ancaman terutama terhadap produk-produk luar negeri yang selama ini harganya lebih mahal karena dikenakan tarif bea masuk yang tinggi. Demikian pula sebaliknya terhadap produk dalam negeri akan memperoleh kebebasan untuk memasuki pasar di luar negeri. Kondisi ini tentunya akan memicu persaingan yang semakin tinggi, khususnya di Indonesia, karena dengan jumlah penduduknya yang terbesar di kawasan ASEAN, menjadikan Indonesia pasar yang sangat potensial.

Meningkatnya perekonomian dan pendapatan masyarakat, tentu saja akan berpengaruh pula terhadap tingkat pendidikan masyarakat. Kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi saat ini semakin terbuka, dan hal ini akan meningkatkan pula pengetahuan masyarakat. Sebagian masyarakat akan melakukan tindakan rasional dalam membeli barang atau untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk kebutuhan akan obat. Dalam membeli suatu produk farmasi (obat), masyarakat menginginkan produk yang berkualitas dengan harga yang murah. Hal ini disebabkan meskipun pendapatan meningkat, di lain pihak kebutuhan juga terus meningkat. Dengan demikian industri farmasi dituntut untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi dengan harga yang wajar atau bahkan relatif lebih murah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh industri farmasi agar dapat bersaing dengan kondisi yang demikian adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasi perusahaan. Dengan kata lain, kata kunci dalam memenangkan persaingan di era globalisasi saat ini adalah peningkatan produktifitas. Manajemen produksi dan operasi di industri farmasi menjadi sangat strategis dan menjadi salah satu faktor penting untuk dapat memenangkan persaingan yang akan semakin ketat di era globalisasi ini.

Terdapat 5 (lima) komponen utama yang mempengaruhi harga obat. Kelima komponen tersebut adalah (1) Biaya bahan awal (starting material) yang terdiri dari bahan baku dan bahan pengemas; (2) Biaya operasional pabrik (manufacturing cost); (3) Biaya promosi (promotion cost); (4) Biaya distribusi (distribution cost); dan (5) Biaya retailer (retailer cost). Dari kelima biaya tadi, biaya bahan awal (starting cost) menyumbang 70 – 80% dari total keseluruhan biaya industri farmasi. Oleh karenanya, penghematan biaya bahan awal sebesar 10% saja, dengan didukung oleh manajemen produksi dan operasi yang baik, akan memberikan sumbangan yang sangat signifikan bagi industri farmasi yang bersangkutan yang pada gilirannya sangat mempengaruhi daya saing industri farmasi itu sendiri.

Pengertian Manajemen Operasi

Manajemen operasi adalah merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal penggunaan sumber-sumber daya (faktor-faktor) produksi antara lain tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah menjadi berbagai produk atau jasa.
iri umum dari manajemen operasi adalah adanya unsur utama, yaitu input, proses transformasi, output, feedback information dan lingkungan. Input yang digunakan dapat bersifat sederhana atau kompleks. Proses transformasi merupakan kegiatan penambahan nilai, oleh karena itu perlu diperhatikan karakteristik seperti efisiensi, kualitas, tenggang waktu maupun fleksibilitas. Output dapat berupa barang atau jasa atau sekumpulan barang atau jasa. Lingkungan merupakan sesuatu yang komplek dan sulit untuk dikontrol seperti: teknologi, ekonomi, sosial, politik dan lain-lain, oleh karena itu perlu diperhatikan secara terus-menerus.

Atas dasar utama manajemen operasi tersebut, dapat dikatakan bahwa manajemen operasi adalah kegiatan untuk mengolah input melalui proses transformasi atau pengubahan atau konversi sedemikian rupa sehingga menjadi output yang dapat berupa barang atau jasa. Atau dengan kata lain manajemen operasi adalah proses transformasi input menjadi output, berupa barang atau jasa secara terarah dan sistematis.

Ruang Lingkup Manajemen Operasi

Sebagai suatu sistem, manajemen operasi memiliki kharakteristik: (1) mempunyai tujuan, yaitu menghasilkan barang atau jasa, (2) mempunyai kegiatan, yaitu proses transformasi, dan (3) adanya mekanisme yang mengendalikan pengoperasikan. Berdasarkan kharakteristik tersebut, maka ruang lingkup manajemen dapat dirumuskan:

1. Perencanaan output (peramalan output/penjualan).

2. Perencanaan kapasitas dan bangunan pabrik.

3. Perencanaan tata letak fasilitas dan desain aliran kerja.

4. Perencanaan produksi.

5. Manajemen Persediaan.

Dari ruang lingkup manajemen operasi tersebut terlihat bahwa manajemen operasi tidak saja sebagai alat untuk mengendalikan urutan input-output, tetapi juga merupakan suatu keseluruhan sistem yang berdasarkan sistem yang berlandaskan pada konsep pendekatan sistem.
Sumber (http://priyambodo71.wordpress.com/manajemen-operasi/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar